Merawat Ikan Arwana Dalam Aquarium

Diposting pada

Memelihara Ikan Arwana Dalam Aquarium

Arwana adalah jenis ikan yang banyak dicintai dikalangan hobbies. Ada juga banyak mitos tentang ikan Arwana diantaranya seperti ; memiliki keberuntungan, dapat menggantikan kehidupan, dsb.

Tips Memelihara dan Merawat Ikan Arwana Dalam Aquarium
Tips Memelihara dan Merawat Ikan Arwana Dalam Aquarium

Namun tahukah anda ada beberapa tips yang harus diperhatikan untuk memelihara ikan Arwana didalam aquarium.

Perlengkapan Aquarium

Perlengkapan Aquarium
Perlengkapan Aquarium
  • Aerator

Tips pertama adalah Aerator. Aerator berfungsi untuk menyuplai oksigen yang ada didalam air. Penyebab Ikan Arwana Stres Sehingga membuat air mengandung oksigen, dan juga mendorong sisa hasil pernapasan ke luar aquarium.

Tapi perlu diperhatikan agar gelembung yang dihasilkan Aerator tidak terlalu banyak (tergantung dari ukuran aquarium) agar tidak membuat ikan Arwana stress.

  • Filter

Tips kedua adalah Filter. Filter berfungsi untuk menyaring air yang ada didalam aquarium agar air selalu kelihatan bersih.

Cara kerja filter dengan menyedot air ke penyaringan lalu memasukkan air yang sudah disaring kedalam aquarium.

  • Heater

Tips ketiga adalah Heater. Heater / alat pemanas ini berperan untuk menjaga kestabilan suhu air. Arwana Berenang Miring? Penyebab dan Solusi Jika terjadi perubahaan suhu secara mendadak, ikan Arwana bisa menjadi stress bahkan mati.

Suhu air yang tepat untuk ikan arwana adalah 29-31 derajat Celcius, jika ikan Arwana anda sakit, anda dapat memasang Heater pada suhu 32 derajat Celcius.

  • Lampu TL

Lampu TL berguna untuk memberikan cahaya yang akan mempercantik ikan Arwana juga aquarium. Mengatasi Arwana Kagetan, Bagaimana Caranya? Tapi harus diperhatikan dalam penggunaan lampu TL, semakin besar lampu TL maka dapat menghasilkan cahaya yang lebih terang sehingga bisa membuat suhu air menjadi panas.

  • Penutup Aquarium

Arwana / Arowana adalah tipe ikan predator yang dapat meloncat 1 hingga 2 meter dari permukaan air. Pastikan anda menggunakan penutup aquarium agar ikan Arwana / Arowana kesayangan anda tidak meloncat dari aquarium.

Pengontrolan dan Penggantian Air Aquarium

Selain mengatur suhu air pada 29-31 derajat Celcius, pH air juga sangat perlu diperhatikan. PH air yang normal adalah 6 – 8,5.

Pengontrolan dan Penggantian Air Aquarium
Pengontrolan dan Penggantian Air Aquarium

Sebaiknya setiap penggantian air, berikan garam dapur (jika ukuran aquarium PxLxT 70x40x30 maka berikan garam dapur sebanyak 2-3 sendok makan.

Penggantian air aquarium juga perlu diperhatikan, terbagi 2 cara penggantian air aquarium :

  1. Setiap Minggu

Penggantian air aquarium setiap minggu sebanyak 20% air di aquarium. Cara Mengobatinya Ikan Arwana Jangan lupa untuk membersihkan aquarium (menggunakan spons atau semacamnya) bagian dalam agar kotoran yang melekat di kaca aquarium dapat dibersihkan dan juga mengurangi penumpukan kuman.

Disarankan agar setiap penggantian air aquarium, air yang akan digunakan dibiarkan terlebih dahulu 1×24 jam agar kandungan khlor pada air mengendap.

  1. Setiap 3 bulan

Penggantian air setiap 3 bulan dengan mengganti semua air di aquarium. Jangan lupa untuk membiarkan airnya selama 1x24jam agar kandungan khlor pada air mengendap.

Jika ikan Arwana / Arowana anda sakit, sebaiknya mengganti air setiap 2 hari sekali dan jangan lupa untuk memberikan garam ikan setelah penggantian air, agar kebersihan air tetap terjaga.

Pemberian Pakan

Cacing darah beku sangat baik untuk ikan Arwana yang berukuran kecil ( 8 – 12 cm ) sebelum ikan Arwana kesayangan anda bisa memakan pakan yang lebih besar.

Pemberian Pakan ikan Arwana
Pemberian Pakan ikan Arwana
  • Jangkrik

Jangkrik adalah pakan yang sangat cocok untuk ikan Arwana kita. Penyebab Arwana Berenang di Permukaan Air Beberapa orang memilih jangkrik sebagai pakan utama dari ikan Arwana kesayangannya karena jangkrik dapat mencerahkan warna ikan Arwana khususnya jenis Golden Red dan Super Red Arwana.

Tapi perlu diperhatikan dalam memberikan jangkrik sebagai makanan ikan Arwana yaitu: sebelum memberikan jangkrik, potonglah kaki belakangnya (yang digunakan untuk melompat) agar tidak melukai mulu ikan Arwana kita.

Sebaiknya memberikan jangkrik yang masih muda (belum bersayap) kepada ikan Arwana kita.

  • Kelabang

Kelabang sangat baik diberikan kepada ikan Arwana karena kelabang memiliki kandungan betacarotene yang dapat memberikan warna cerah dan merah kepada ikan Arwana.

Tapi, jangan jadikan kelabang sebagai makanan utama ikan Arwana anda, karena selain harganya yang cukup mahal, ikan Arwana biasanya tidak mau memakan makanan lain jika sudah terbiasa memakan kelabang.

Karena itu sebaiknya memberikan kelabang sebagai makanan selingan (1 atau 2 kali seminggu).

  • Kodok

Kodok memiliki kandungan daging dan lemak yang tinggi sehingga sangat cocok untuk perkembangan ikan Arwana.

Tapi jangan jadikan kodok sebagai makanan utama, karena warna ikan Arwana bisa menjadi pucat jika hanya memakan kodok.

  • Udang

Makanan yang baik untuk ikan Arwana berikutnya adalah udang. Udang memiliki fungsi yang sama seperti jangkrik yaitu mencerahkan warna ikan Arwana anda.

Udang juga dapat dijadikan sebagai makanan utama Arwana anda, tapi jangan lupa untung memotong kepalanya terlebih dahulu karena sungutnya sangat tajam yang dapat melukai mulut Arwana kita. Udang dapat diberikan kepada ikan Arwana baik hidup maupun udang beku.

  • Kecoa

Meski binatang ini sangat menjijikkan dan juga kotor. Namun kecoa memiliki kandungan protein yang sangat tinggi dan katanya dapat menambah nafsu makan ikan Arwana.

Kecoa juga dapat mengembalikan stamina ikan Arwana, sehingga sangat cocok diberikan kepada ikan Arwana yang sedang tidak nafsu makan.

  • Ikan

Ikan-ikan kecil seperti ikan cere, ikan mas juga baik sebagai makanan ikan Arwana kita. Tapi sebelum memasukkan ikan ini kedalam aquarium Arwana, sebaiknya ikan dikarantina terlebih dahulu agar tidak membawa penyakit kedalam aquarium Arwana.

Anda juga dapat menikmati ikan Arwana anda memakan ikan-ikan kecil ini, karena ikan-ikan kecil ini berenang sangat lincah didalam aquarium sehingga memberikan tantangan kepada ikan Arwana anda.

Ikan ini biasanya diberikan kepada Arwana ketika pemiliknya pergi berlibur dan tidak sempat memberikan makanan kepada Arwananya.

Tank Mate (Teman 1 Aquarium)

  1. Ikan Kaviat

Ikan kaviat sangat baik dijadikan TankMate Arwana anda dikarenakan ikan kaviat akan memakan sisa-sisa makanan Arwana sehingga kebersihan aquarium tetap terjaga.

Jangan mencampurkan ikan kaviat ukuran kecil dengan Arwana anda, karena ikan Arwana juga bisa khilaf dan melahap ikan kaviat anda!

  1. Ikan Silver Dollar

Ikan ini juga berfungsi seperti ikan kaviat. Mereka memakan sisa-sisa makanan dari ikan Arwana sehingga menjaga kebersihan aquarium.

  1. Redtail Catfish

Ikan ini juga cocok untuk dijadikan TankMate. Tapi perlu diperhatikan ukuran ikan ini agar jangan lebih besar/kecil dari Arwana anda! Ikan ini harus sama besar (kurang lebih) dengan ikan Arwana anda.

  1. Tiger Catfish

Ingatlah untuk selalu memperhatikan ukuran ikan yang dijadikan TankMate Arwana, khususnya ikan predator.

  1. Pari Motoro

Sama dengan ikan pari lainnya, ikan ini biasanya berenang didasar air. Sehingga ikan ini juga cocok untuk ikan Arwana anda, dan membuat aquarium anda menjadi ramai.

Demikian Pembahasan dari kami tentang Tips dan Cara Merawat Ikan Arwana semoga bermanfaat sobat binatangmu.com