Chana Banyak Diminati Para Pecinta Ikan

Diposting pada

Ikan Channa

Channa sebagai ikan yang memiliki daya adaptasi yang cukup kuat menjadikannya sebagai ikan dengan sebaran yang luas di Asia, kita mengenal Channa dari China.

Channa asiatica, atau yang biasa dikenal dengan nama Chinese snakehead, green snakehead, dan small snakehead, adalah salah satu dari empat spesies Channa yang dapat ditemukan di China.

Ikan Channaa
Ikan Channaa

Baca Juga : Ikan Hias Air Laut

Di Alam Liar

Di alam liar, mereka dapat ditemukan di daerah tengah dan bawah Lembah Yangtze, wilayah paling utara mereka, dan Sungai Sông Cái di Vietnam utara.

Selain lokasi tersebut, ikan ini juga ditemukan di Pulau Hainan dan memiliki populasi introduksi di Taiwan dan beberapa Kepulauan Ishigaki Sima di Kepulauan Ryukyu, Jepang.

Baca Juga : Ikan Hias Air Tawar

Chana Banyak Diminati Para Pecinta Ikan

Saat ini, Chana banyak diminati para pecinta ikan predator karena keliarannya.

Mereka hidup di perairan tanpa arus yang kuat dan biasanya hidup di lokasi yang lembab di daerah hutan hujan.

Asiatica hidup di kolam, danau, sungai kecil, di mana mereka bersembunyi di lubang-lubang kecil di akar pohon, batu, dll. Perhatikan pernyataan berikut:

Baca Juga : Cara Merawat Ikan Gabus Toman

  • Bentuk Fisik

Bentuk fisik Channa asiatica sebenarnya tidak jauh berbeda dengan jenis ikan gabus lainnya. Perbedaannya hanya pada swatch warna. Untuk ukurannya, ikan ini memiliki panjang maksimal 35 cm.

Channa asiatica memiliki warna hitam, abu-abu dan coklat untuk warna dasar tubuhnya. Sedangkan warna hias berupa bintik-bintik biru muda, coklat muda, hingga putih.

Perbedaan antara jantan dan betina Asiatica adalah sirip punggung dan sirip dubur jantan lebih panjang dan berwarna lebih terang. Sedangkan betina memiliki bentuk tubuh yang lebih montok.

Baca Juga : Tips dan Cara Memelihara Ikan Koi

  • Kondisi Akuarium

Channa asiatica adalah jenis Channa yang aktif, jadi siapkan akuarium dengan ukuran terkecil 120 x 50 x 50 cm agar asiatica anda bisa berenang dengan bebas. Anda dapat meletakkan batu dan kayu di bagian bawah tangki untuk bersembunyi.

Pastikan permukaan air akuarium Anda bersih karena seperti Channa lainnya, asiatica bernafas dengan menghirup udara yang ada di permukaan air.

Baca Juga : Jenis Ikan Guppy Yang Mudah Dipelihara Pemula

Anda dapat mengubah warna latar belakang akuarium agar sesuai dengan warna yang ingin Anda buat di saluran.

Jika Anda menginginkan warna terang, gunakan latar belakang warna terang agar desain bunga dan bilah asiatica Anda lebih indah dan sebaliknya untuk warna gelap.

Sebagai ikan yang hidup di alam di iklim subtropis, mereka membutuhkan suhu yang lebih dingin daripada Channa lokal untuk kondisi airnya. 15-25˚C adalah suhu ideal Anda.

Jangan biarkan mereka dalam air terlalu tinggi terlalu lama karena mereka rentan terhadap penyakit.

Asiatica adalah Channa yang agresif, jadi sebaiknya jangan dicampur dengan ikan lain agar tidak dimakan.

Mereka dapat hidup berpasangan asalkan ada korespondensi satu sama lain dan masing-masing memberi tempat untuk bersembunyi.

Baca Juga : Fatal !!! 12 Kesalahan Pelihara Ikan Channa Wajib Disimak

  • Makanan

Mereka suka memangsa serangga, ikan, dan krustasea kecil di alam liar, Anda juga bisa memberi mereka makan pelet untuk warna dan nutrisi.

Jangan lupa untuk mengatur frekuensi pemberian makan ikan Anda agar tidak kelebihan berat badan.

  • Perbedaan Jenis Kelamin

Jantan mengembangkan sirip punggung dan dubur yang lebih panjang dan memiliki bintik-bintik keperakan yang jauh lebih besar pada tubuh dan sirip mereka daripada betina.

Wanita dewasa cenderung tampil lebih buncit dibandingkan pria.

  • Pembiakan

Mulailah dengan kelompok kecil dan biarkan ikan memilih pasangan, setelah kawin keluarkan semua ikan lain dari akuarium, naungan mengambang harus digunakan di akuarium.

Induk dimulai pada sekitar 18 derajat Celcius. Mereka dapat memamerkan warna-warna indah selama musim kawin.

Karena ukurannya yang kecil, Channa ini banyak digunakan oleh para penghobi yang tidak memiliki banyak ruang di rumahnya. Bagaimana dengan Anda setelah membaca ini?

Demikian pembahasan kali ini tentang Ikan Channa Hingga Pembiakannya, semoga bermanfaat jangan lupa di share sobat binatangmu.com