Pengertian Daur Hidup Hewan dan Contohnya

Diposting pada

Daur hidup merupakan rangkaian perubahan dalam perkembangan dan pertumbuhan suatu organisme dari awal sebagai bentuk kehidupan menuju ke dewasa, dimana mereka menghasilkan keturunan.

Jadi daur hidup hewan dapat diartikan sebagai proses pertumbuhan hewan mulai dari kecil hingga besar kemudian melakukan kawin dan menghasilkan keturunan.

Dari penjelasan tersebut, dalam kehidupan sehari-hari, pernahkah kamu memperhatikan perkembangbiakan pada hewan peliharaan ataupun hewan di sekitar ? Bagaimana cara mereka berkembang biak? Untuk itulah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan mengenai daur hidup hewan.

Kategori Daur Hidup Hewan

Daur hidup hewan selama hidupnya dapat dibagi menjadi dua kategori. Pertama adalah daur hidup hewan tanpa metamorfosis dan yang kedua adalah daur hidup hewan dengan metamorfosis. Hewan Langkah yang Hampir Punah di Indonesia Penjelasannya dan contoh daur hidup hewan adalah:

Daur Hidup Hewan Tanpa Metamorfosis

Daur hidup hewan tanpa metamorfosis diartikan sebagai tahap perubahan makhluk hidup tanpa mengalami proses perubahan bentuk yang signifikan. Contoh daur hidup hewan tanpa metamorfosis:

  1. Daur Hidup Ayam

Ayam berkembang biak dengan cara bertelur. Induk ayam akan mengerami telur selama 21 hari hingga menetas. Setelah itu, telur tersebut akan tumbuh menjadi anak ayam dengan ditumbuhi bulu halus di tubuhnya.

Daur Hidup Ayam
Daur Hidup Ayam

Semakin lama, anak ayam akan tumbuh besar dan bulu halus tersebut menjadi lebih tebal, lebih banyak, dan mirip seperti induknya. Kemudian ayam dewasa ini akan menghasilkan telur lagi untuk berkembang biak.  Hewan yang Mudah Selingkuh, Apa Saja ?

  1. Daur Hidup Kucing

Kucing berkembang biak dengan cara melahirkan. Hal ini karena kucing merupakan mamalia atau binatang yang menyusui. Saat kucing kawin, mereka akan mengandung selama kurang lebih 3 bulan.

Setelah itu, anak kucing akan terlahir. Bentuknya pun hampir mirip dengan induknya yakni memiliki bulu-bulu halus yang akan semakin lebat seiring bertambahnya usia kucing.

  1. Daur Hidup Kanguru

Kanguru berkembang biak dengan beranak. Hewan Hoby dan Paling Suka Tidur Hewan ini dapat dijumpai di Papua (Irian Jaya) dan Australia. Sama halnya dengan kucing, kanguru juga mengandung sebelum melahirkan anak-anaknya.

Ketika terlahir, anak kanguru memiliki fisik yang lemah dan ukuran yang kecil. Anak kanguru yang baru lahir secara perlahan akan merambat ke kantong induknya.

Dalam kantong induknya, anak kanguru menyusu hingga berbulan-bulan. Setelah ukurannya lebih besar, anak kanguru baru akan keluar dari kantong induknya.

Itulah beberapa contoh daur hidup hewan tanpa metamorfosis.

Daur Hidup Hewan dengan Metamorfosis

Daur hidup hewan dengan metamorfosis merupakan perubahan bentuk hewan yang terjadi dari ia lahir hingga dewasa.

Maksudnya adalah terjadi perubahan bentuk yang sangat signifikan pada hewan tersebut. Adapun contohnya adalah:

  1. Daur Hidup Kupu-Kupu

Kupu-kupu berkembang biak dengan cara bertelur. Telur kupu-kupu biasanya ditinggalkan di permukaan daun. Setelah itu, telur akan menetas dan menjadi ulat. Ulat yang lahir akan mempertahankan hidupnya dengan memakan daun-daun di sekitarnya.

Daur Hidup Kupu-Kupu
Daur Hidup Kupu-Kupu

Setelah itu, ulat akan berhenti makan dan menjadi kepompong. Hewan Possum dan Fakta Tentangnya Setelah masa kepompong, ulat akan berubah menjadi kupu-kupu yang cantik.

  1. Daur Hidup Nyamuk

Nyamuk berkembang biak dengan cara bertelur. 18 Binatang yang Paling Setia kepada Pasangannya Umumnya nyamuk akan bertelur di tempat-tempat air mengenang, baik di kamar mandi hingga di selokan.

Ketika menetas, telur nyamuk akan berubah menjadi tempayak atau jentik-jentik nyamuk dalam air. Setelah itu, jentik nyamuk akan menjadi pupa lalu barulah menjadi nyamuk dan terbang ke udara.

  1. Daur Hidup Kecoa

Kecoa berkembang biak dengan cara bertelur. Ketika telur menetas, mereka akan menjadi lipas muda. Bentuk dari kecoa muda ini mirip dengan kecoa dewasa. Perbedaannya adalah kecoa muda belum memiliki sayap layaknya kecoa dewasa. Saat dewasa, barulah tumbuh sayap di badan kecoa.

Demikian sedikit penjelasan mengenai Pengertian Daur Hidup Hewan dan Contohnya. Semoga pembahasan kali ini dapat memberikan manfaat bagi Anda sobat binatangmu.com