Cara Mengobatinya Ikan Arwana

Diposting pada

Penyakit Arwana – Seperti yang kita tahu, ikan arwana merupakan jenis ikan hias yang banyak diminati oleh pecinta ikan. Bentuk fisiknya yang gagah serta keindahan arwana ketika berenang membuat ikan ini juga dijuluki ikan naga.

Selain itu, ikan arwana juga terkenal dengan daya tahan tubuhnya yang kuat apabila dibandingkan dengan ikan lain. Bahkan dapat dikatakan bahwa ikan arwana jarang terserang penyakit seperti bakteri dan jamur. Kendati demikian, tidak menutup kemungkinan bahwa ikan arwana yang dapat terserang penyakit.

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai beberapa penyakit arwana dan cara untuk mengobatinya. Tak perlu berlama-lama, inilah jenis penyakit ikan arwana:

Baca Juga : Arwana Drop Eye? Ini Penyebab dan Pencegahannya

Beberapa Penyakit Arwana

Ikan arwana adalah ikan hias yang memiliki harga yang sangat fantastis, untuk karena itu, kami akan menjelaskan beberapa Penyakit yang sering diderita ikan Arwana, untuk lebih jelasnya simak artikel kami di bawah ini.

  1. Stress

Stress adalah penyakit yang sangat rawan menyerang ikan, bahkan untuk arwana sekalipun. Biasanya seekor ikan arwana akan mengalami stress karena baru saja dipindahkan ke aquarium atau habitat baru.

Dalam hal ini, terdapat dua kasus. Pertama adalah ketika Anda baru membeli arwana dan yang kedua adalah ingin memindahkan ikan arwana ke aquarium yang baru. Untuk cara mengobati stress pada arwana, ketika Anda baru membelinya, maka bukalah penutup wadah ikan (biasanya berupa kantong plastik besar).

Baca Juga : Kenali Penyebab dan Cara Mengobati Sisik Arwana

Miringkan plastik hingga arwana masuk ke dalam aquarium dengan sendirinya. Sedangkan apabila Anda ingin memindahkan ikan arwana dari satu aquarium ke aquarium yang lain, maka gunakan sarung tangan plastik. Tangkap arwana secara lembut lalu pindahkan ke aquarium yang baru.

Arwana Stress
Arwana Stress

Jika sudah, maka pada bagian sisi aquarium harus ditutup terlebih dahulu. Matikan lampu aquarium setidaknya selama 6 jam. Kemudian nyalakan lampu kecil selama 2 jam. Barulah buka bagian sisi aquarium hingga aquarium terbuka secara sempurna.

Anda juga harus memperhatikan bagaimana gerak gerik ikan arwana tersebut. Apabila arwana berenang dengan santai, tidak mudah kaget, serta tidak menabrak kaca aquarium, maka itu menandakan ikan arwana sudah tidak stress lagi. Lambat laun ia akan mulai beradaptasi dengan rumah barunya.

  1. Mata Juling

Penyakit arwana yang selanjutnya adalah mata juling. Meski terdengar aneh, namun tak sedikit ikan arwana yang mengalami penyakit satu ini. Terdapat beberapa penyebab mengapa ikan arwana mengalami mata juling.

Pertama, pemberian lampu yang terlalu terang di bagian bawah aquarium. Hal ini akan membuat ikan arwana cenderung melihat ke bawah sehingga terjadi kaku pada urat matanya. Penyebab penyakit arwana mata juling yang kedua adalah pemberian makanan yang cenderung mengendap di bagian bawah atau pojok aquarium.

Baca Juga : Cara Mengobatinya Ekor Ikan Arwana

Misalnya ikan-ikan kecil ataupun udang. Hal tersebut secara perlahan akan menganggu penglihatan ikan arwana. Selain itu, terdapat beberapa penyebab lain misalnya terlalu banyak pemberian makanan yang terapung. Hal tersebut juga dapat memicu mata juling pada ikan arwana.

Lantas bagaimana cara mengobati penyakit arwana mata juling? Satu-satunya hal yang dapat Anda lakukan adalah melakukan operasi mata juling pada ikan. Dengan kata lain, sebaiknya Anda membawa ikan arwana ke dokter atau spesialis ikan. Umumnya operasi mata juling pada ikan arwana dilakukan selama 10 – 15 menit saja.

Apabila ikan arwana sudah selesai dioperasi, maka perlahan mata ikan akan kembali normal. Letakkan pula 2 hingga 3 ekor arwana kecil sebagai objek untuk melatih kembali mata ikan arwana Anda. Selain itu, pemberian pakan harus berupa pakan terapung seperti katak kecil dan jangkrik.

  1. Sirip Robek

Penyakit ikan arwana yang berikutnya adalah sirip robek. Penyakit yang satu ini umumnya diakibatkan oleh gigitan ikan arwana sendiri.

Selain itu, terkadang robeknya sirip arwana dapat disebabkan karena ikan arwana melompat keluar kolam atau aquarium dan terjatuh. Lantas bagaimana cara mengobatinya? Seperti halnya mata juling ikan arwana, sirip robek yang dialami oleh ikan arwana juga hanya dapat diobati dengan cara operasi.

  1. Jamur dan Bakteri

Seperti yang telah kami jelaskan di atas, ikan arwana bukanlah ikan yang mudah terserang penyakit jamur dan bakteri. Hanya saja, tak menutup kemungkinan ikan kesayangan Anda terjangkit penyakit arwana yang satu ini.

Adapun penyebab penyakit jamur dan bakteri pada ikan arwana adalah air aquarium yang kotor serta tidak memiliki sirkulasi air yang baik. Jika terserang jamur ataupun bakteri, ikan arwana akan terlihat kurus, suka berdiam diri di permukaan atau dasar aquarium, dan malas berenang.

Apabila penyakit arwana ini dibiarkan, maka secara perlahan penyakit tersebut akan masuk ke bagian daging ikan dan menggerotinya. Untuk itulah sangat penting kiranya menjaga kebersihan air aquarium.

Air perlu diganti secara teratur. Selain itu, pakan arwana yang tidak termakan serta kotorannya harus rajin dibersihkan, baik menggunakan filter atau secara manual. Pastikan juga suhu air aquarium dijaga antara 20 – 29 derajat celcius.

Jika arwana Anda sudah terserang jamur, maka gunakan obat jamur untuk arwana. Obat jamur tersebut dapat diperoleh dari beberapa tempat penjual ikan hias.

Itulah beberapa jenis penyakit arwana yang mungkin saja menyerang ikan kesayangan Anda dan bagaimana cara mengobatinya.

Dengan kata lain, sebisa mungkin rawat arwana dengan baik serta perhatikan pemberian pakan sehingga ikan arwana tidak mudah terserang beberapa penyakit di atas.

Semoga apa yang kami jelaskan pada kesempata kali ini Tentang Beberapa Penyakit Arwana dapat bermanfaat bagi sobat Binatangmu.Com

Baca Juga : Cara Bius Arwana Step by Step

Baca Juga : Ikan Hias Termahal