Penyebab Mata Ikan Koi Hilang

Posted on

Pernahkah suatu hari Anda tiba-tiba melihat kolam lalu sadar bahwa mata ikan koi hilang? Pasti Anda bertanya-tanya. Apa yang terjadi? Bagaimana caranya mata ikan koi kesayangan hilang?

Lantas apa yang harus dilakukan jika mata ikan koki hilang? Untuk menjawab semua pertanyaan tersebut, kami akan mencoba menjelaskan apa penyebab mata ikan koi.

Baca Juga : Ekor Arwana Keriting ? 

Kenali Penyebab Mata Ikan Koi Hilang

Meskipun terlihat jinak, namun sebenarnya ikan koi juga dapat bertarung dengan sesamanya. Hal ini dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor.

Di antaranya adalah perebutan wilayah yang menimbulkan pertarungan antar koi hingga stress. Lantas apa yang menyebabkan mata ikan koi hilang?

  1. Bertarung Dengan Ikan Lain

Ini adalah alasan yang paling umum terkait hilangnya mata ikan koi. Ada banyak sekali hal yang dapat memicu pertarungan antar ikan koi. Misalnya terdapat ikan koi yang ingin saling mendominasi wilayah.

Hal ini akan mengakibatkan pertarungan yang mungkin saja dapat Anda lihat dari robeknya ekor, sirip, dan mata hilang pada ikan koi di kolam. Namun perlu diperhatikan, sangat jarang terjadi pertarungan satu jenis ikan koi, kecuali Anda juga mencampurkan jenis ikan koi lain dalam kolam.

Contohnya adalah mencampurkan ikan koi Shusui dan ikan koi Tancho ataupun jenis ikan koi lain.

Selain itu, pastikan juga ketika memelihara ikan koi, jangan campurkan dengan ikan predator dalam satu kolam. Jika demikian, tentu saja ikan koi Anda dapat dimangsa kapan saja oleh ikan predator tersebut.

Baca Juga : Ikan Hias Termahal Di Indonesia

Jadi bagaimana solusinya? Sangat direkomendasikan untuk memelihara ikan koi sejenis saja. Jika memang tidak memungkinkan dan ukuran kolam Anda besar, berikan pemisah atau sekat pada bagian aquarium sehingga ikan tersebut tidak bercampur.

  1. Mata Ikan Koi Terluka

Penyebab mata ikan koi hilang yang kedua adalah memang pada dasarnya mata ikan koi terluka. Hal ini dapat dipicu oleh beberapa hal misalnya mata ikan koi tergesek oleh benda kasar di bagian dasar atau pinggiran aquarium hingga bekas pertarungan seperti yang telah dijelaskan di atas.

Ketika mata ikan koi terluka, maka akan ada sobekan di bagian dekat mata. Hal inilah yang kemudian memicu ikan koi lain mematuki mata koi tersebut. Pasalnya ikan koi tertarik dengan hal yang mencolok. Dengan begitu, perlahan namun pasti, mata ikan koi akan hilang.

Baca Juga : Tips dan Cara Memilih Ikan Arwana

  1. Kelaparan

Ini adalah penyebab mata ikan koi hilang yang selanjutnya. Faktor lain seperti kelaparan dapat memicu ikan koi untuk memakan dan menyerang mata ikan koi lain.

Berbeda dengan ikan koi yang hidup di alam liar, dimana ikan tersebut bebas mencari makan, ikan koi yang dipelihara di kolam hanya mengandalkan pakan untuk hidup.

Seperti halnya ikan koki, ikan koi juga terkenal rakus. Jadi ketika mereka kelaparan, mereka akan menganggap mata ikan koi lain sebagai pelet atau pakan ikan. Kondisi kelaparan inilah yang kemudian akan memicu terjadinya pertarungan antar ikan. Jadi pastikan untuk selalu memberikan pakan yang cukup pada koi kesayangan Anda, ya!

Setidaknya itulah beberapa penyebab mata ikan koi hilang. Dari beberapa penyebab di atas, dapat diambil kesimpulan bahwa Anda harus benar-benar merawat ikan koi Anda dengan kasih sayang.

Pastikan pula pakan yang diberikan cukup serta kondisi kolam yang tidak terdapat benda-benda tajam yang mampu melukai badan atau mata ikan koi. Dengan begitu, ikan koi Anda akan tetap dalam kondisi terbaiknya.

Penyakit Pada Ikan Koi Serta Langkah Mengobatinya

Langkah Mengobatinya Ikan Koi
Langkah Mengobatinya Ikan Koi
  1. Busuk Sirip Serta Ekor

Penyakit ini dikarenakan oleh bakteri aeromonas hydrophylla. butuh diketahui bahwa bakteri type ini umumnya melekat di bagian tubuh ikan yang terluka hingga dapat mengakibatkan infeksi yang bisa berkembang dengan amat cepat.

Langkah menyembuhkan :

pakai fenoksietanol, nitrofurazon/kloramin. campur ke-2 bahan tersebut sejumlah 1gr per 1 kg pakan

Baca Juga : Arwana Sering Mangap ??? Kenali Penyebabnya

  1. Jamur Saprolegnia

Sinyal utama bahwa seekor ikan koi terinfeksi penyakit ini yaitu terdapatnya serabut serupa kapas yang berwaran kehijauan. serabut ini dikarenakan oleh ada ganggang / alga pada air kolam.

Langkah menyembuhkan :

masukkan ke didalam air kolam larutan 2 sendok makan abate ditambah dengan 4 sendok makan garam dapur untuk kolam yang berukuran 2 kali 3. ulangilah sampai 3 – 4 kali hingga serabut yang ada pada tubuh ikan koi tersebut hilang

  1. Cacing Kulit

Penyakit ini dikarenakan oleh type cacing gyrodactylus sp. ciri – ciri koi yang terkena penyakit ini yaitu koi senantiasa emnggosok – gosokkan tubuhnya ke benda – benda keras yang ada didalam kolam

Langkah menyembuhkan :

Rendam koi ke didalam 10 liter air yang sudah diberi antiparasit layaknya malacite green 2% sepanjang 10 menit

  1. Kolumnaris

Penyakit yang dikarenakan oleh bakteri fexibacter columnaris ini bikin mulut koi jadi terlihat putih. penyakit ini populer cepat sekali emnular ke koi sehat lainnya

Langkah menyembuhkan :

Pisahkan koi yang sudah terinfeksi penyakit ini. tempatkan koi pada kolam yang diisi air bersih serta taburi garam sejumlah 10% dari jumlah volume air. sterilkan peralatn yang dipakai dengan larutan fenoksietanol atau dapat juga emnggunakan nifuropirinol

  1. Dropsi

Ciri koi yang terinfeksi penyakit ini yaitu sisik yang terkelupas serta ada pembengkakan pada jaringan tubuh koi hingga mengakibatkan koi sukar berenang serta mengakibatkan koi sesak nafas

Langkah menyembuhkan :

berikanlah larutan anti bakteri atau garam dapur pada kolam. apabila pingin akhirnya lebih maksimal, kita dapat memberikan asam oksilin yang dicampurkan pada pakan ikan koi.

Baca Juga : Arwana Drop Eye? Ini Penyebab dan Pencegahannya

  1. Katarak

Apabila mata ikan anda ada selaput abu-abu atau putih, maka barangkali ikan anda mengidap katarak. ada sebanyak perawatan yang spesial dibikin untuk katarak terhitung aquatronics serta eye fungex. kuncinya yaitu meyakinkan level amonia serta nitrit pada batas yang bisa di terima.

dikarenakan katarak pada ikan berlangsung dikarenakan perkembangan jamur, maka meneteskan fungisida ke didalam akuarium dapat amat berguna.

  1. Infeksi Bakteri Eksternal

Apabila ikan anda menderita infeksi bakteri eksternal, maka dapat nampak titik merah atau orange pada tubuh ikan. disamping itu, barangkali akan nampak coretan merah pada tubuh ikan, pembengkakan, atau susunan putih/abu-abu pada tubuh ikan.

untuk mengobati problem ini, anda bisa memakai penisilin, asam naladixic atau tetrasiklin. perawatan lain yang cukup efisien yaitu garam. walau sukar terdiagnosis, apabila anda lihat ada coretan pada tubuh ikan, anda mesti segera lakukan perawatan pada ikan anda.

  1. Penyakit Velvet

Tanda-tanda penyakit velvet yaitu titik putih kecil yang tampak layaknya bubuk. penyakit ini juga dimaksud oodinium, serupa dengan ich walau kantong putih pada penyakit ini berukuran lebih kecil.

kabar baiknya yaitu penyakit velvet lebih gampang sembuh dari pada ich, gunakan obat maracide atau super velvet.

  1. Myxobacteriosis

Tanda-tanda penyakit ini meliputi percikan hitam pada sirip serta tubuh ikan. disamping itu, semua tubuh ikan jadi menggelembung, atau cuma menggelembung pada area percikan. hanya satu obat-obatan yang sukses menangani myxobacteriosis yaitu phenocide.

penyakit ini jarang berlangsung namun gampang sembuh. pemicu myxobacteriosis yang sangat umum yaitu terlampau banyak ikan didalam akuarium, mutu air yang jelek, terlebih apabila kandungan amonia serta nitrit amat tinggi.

  1. Penyakit Black Spot

Ikan yang menderita penyakit ini dapat nampak titik hitam kecil pada tubuhnya. dengan umum, penyakit ini gampang sembuh.

Kerapkali penyakit black spot berlangsung pada akuarium baru waktu ikan-ikan dimasukkan. seluruh ikan berisiko terkena penyakit ini, namun ikan silver dollar serta piranha sangat rawan.

Semoga apa yang kami jelaskan Tentang Penyakit Ikan Koi pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat bagi untuk sobat Binatangmu.Com