4 Penyebab Kucing Muntah Kuning dan Cara Mengobatinya

Diposting pada

Binatangmu – Banyak orang yang bertanya-tanya apa saja penyebab kucing muntah kuning. Ini karena terkadang pecinta kucing tidak mengetahui kenapa tiba-tiba kucing mereka muntah-muntah cairan berwarna kuning. Hal tersebut tentu membuat kamu juga khawatir, kan? Untuk itulah, pada kesempatan kali ini kami akan mengulas beberapa penyebab kucing muntah kuning serta bagaimana cara mengobatinya.

4 Penyebab Kucing Muntah Kuning dan Cara Mengobatinya

Ketahui Penyebab Kucing Muntah Kuning

Sebenarnya, muntah merupakan hal alami dan umum yang dialami oleh kucing. Ada banyak hal yang dapat menyebabkan kucing muntah-muntah seperti iritasi saluran pencernaan, hairball, dan lain sebagainya. Hanya saja, muntah kuning pada kucing bukan termasuk hal yang biasa dialami oleh kucing. Muntahan kucing yang berwarna kuning terjadi karena beberapa hal, diantaranya adalah:

1. Hairball

Hairball merupakan sebutan untuk muntahan kucing yang berupa cairan yang disertai bulu. Ini biasanya dialami oleh kucing ras yang memiliki bulu panjang seperti Persia, Anggora, ataupun Himalaya. Kondisi ini terjadi ketika secara alami, kucing akan menjilati tubuh untuk membersihkannya. Ketika terdapat bulu-bulu yang rontok dan masih menempel di tubuh kucing, secara otomatis bulu tersebut akan ikut tertelan.

Secara normal, hairball disertai dengan sedikit cairan berwarna bening dan sedikit berbuih. Namun pada kondisi tertentu, muntahan hairball juga disertai dengan cairan lendir putih ataupun muntahan berwarna kuning. Namun ketika bulu yang terdapat dalam perut kucing sudah terlalu banyak dan susah keluar, maka akan mengakibatkan luka pada organ dalam perutnya. Inilah yang kemudian menjadi penyebab kucing muntah kuning.

2. Iritasi Saluran Pencernaan

Penyebab kucing muntah kuning yang selanjutnya adalah terjadi iritasi saluran pencernaan. Faktor paling umum yang memicu terjadinya iritasi saluran pencernaan adalah jam makan kucing yang tidak teratur. Kucing yang kelaparan memiliki risiko yang lebih besar untuk mengalami iritasi saluran pencernaan.

Selain itu, pada kondisi yang parah, iritasi saluran penceraan juga dapat melukai lambung dan empedu kucing. Untuk itulah, pastikan jangan sampai kucing kamu telat makan sehingga mereka tidak akan sakit.

3. Keracunan

Keracunan juga dapat menyebabkan kucing muntah kuning. Jenis keracunan pada kucing cukup beragam seperti keracunan bahan kimia yang tidak sengaja tertelan, keracunan racun, dan sebagainya. Ketika kucing keracunan, maka secara alami tubuh mereka akan mencoba menetralisir racun dengan mengeluarkannya melalui muntahan kucing. Namun perlu diingat, ketika kucing keracunan, maka kamu harus membawanya ke dokter hewan untuk mendapatkan penanganan paling tepat.

4. Virus Panleukopenia

Virus Panleukopenia merupakan jenis virus yang cukup mematikan untuk kucing. Virus ini secara spesifik menyerang saluran pencernaan yang pada akhirnya memicu infeksi. Gejala paling umum yang muncul ketika kucing terjangkit virus Panleukopenia adalah kucing muntah kuning selama beberapa hari. Pada kondisi yang lebih parah, kucing dapat meninggal.

Hal yang berbahaya dari virus Panleukopenia adalah virus ini dapat menular secara cepat pada kucing-kucing lain. Oleh karena itu, ketika kamu menyadari bahwa kucing secara tiba-tiba muntah kuning yang tak kunjung sembuh, sebaiknya segera bawa ke dokter hewan.

Bagaimana Cara Mengobati Kucing Muntah Kuning?

Setelah mengetahui apa saja penyebab kucing muntah kuning, kamu juga harus mengetahui bagaimana cara mengobatinya. Namun perlu diingat, kamu harus mengetahui terlebih dahulu apa yang menyebabkan kucing muntah lendir berwarna kuning. Apakah kucing tersebut keracunan, iritasi saluran pencernaan, terkena virus, dan sebagainya.

Umumnya, obat alami kucing muntah kuning adalah dengan memberikan oralit. Caranya yakni dengan memberikan cairan oralit pada kucing yang dapat dibeli di petshop. Tujuannya agar kucing tetap dapat mencukupi kebutuhan cairan.

Namun menurut pengalaman kucing muntah kuning yang kami alami, sebaiknya jangan berikan makanan terlebih dahulu. Takutnya ketika kita tidak tahu penyebab kucing muntah kuning dan kita berikan makan, maka saluran pencernaan mereka lebih terluka dan teriritasi. Jadi ketika kucing tiba-tiba muntah lendir putih ataupun muntah cairan berwarna kuning, maka sebaiknya bawa ke dokter hewan untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Semoga penjelasan mengenai penyebab kucing muntah kuning pada kesempatan kali ini bermanfaat bagi kamu.

https://t.me/s/binatangmucom/61