4 Penyebab Kucing Muntah Lendir Putih dan Solusinya

Posted on

Penyebab Kucing Muntah Lendir Putih – Kucing merupakan salah satu jenis hewan peliharaan favorit manusia. Hal ini karena kucing memiliki bentuk fisik serta sifat yang lucu dan jinak sehingga menjadi hewan kesayangan manusia. Masalahnya, terkadang muncul beberapa jenis penyakit pada kucing, salah satunya adalah kucing muntah lendir putih.

4 Penyebab Kucing Muntah Lendir Putih dan Solusinya

Ketahui Penyebab Kucing Muntah Lendir Putih

Umumnya, penyebab kucing muntah cukup beragam. Misalnnya mereka terlalu banyak menelan bulu yang kemudian memuntahkan bulu atau hairball. Selain itu, kucing muntah juga dapat diakibatkan karena keracunan atau mengalami masalah pada organ pencernaan. Pertanyaannya, bagaimana jika ternyata kucing muntah lendir putih atau buih putih? Untuk menjawab hal tersebut, berikut adalah beberapa penyebab kucing muntah lendir putih.

1. Iritasi pada Organ Pencernaan

Ini adalah penyebab paling umum mengapa kucing muntah lendir putih dan terkadang berbuih. Ketika kucing mengalami iritasi, terutama di bagian empedu dan lambung, mereka akan memuntahkan cairan lendir putih berbuih. Kondisi iritasi organ pencernaan kucing dipicu dari kucing yang sering telat makan.

Ketika perut kucing kosong, organ pencernaan yang teriritasi akan mengeluarkan zat asam klorida yang menyebabkan kucing muntah-muntah. Pada kondisi yang sudah parah, cairan lendir tersebut akan keluar dengan warna kekuningan. Oleh karena itu, sebaiknya jangan sampai telat memberi makan kucing kamu.

2. Gumpalan Bulu yang Tertelan Terlalu Banyak

Seperti yang kita tahu, terkadang kucing akan memuntahkan bulu atau hairballs karena gumpalan bulu yang mengumpul di dalam perutnya sudah terlalu banyak. Sebenarnya ini merupakan hal yang wajar, terlebih untuk kucing ras berbulu panjang seperti kucing persia. Namun terkadang benda yang keluar dari banyaknya bulu yang tertelan hanyalah lendir putih berbuih saja.

Meskipun ini hal yang normal, namun perlu diingat bahwa bulu yang sudah terlalu banyak menggumpal dan tak dapat dikeluarkan oleh kucing melalui muntahan akan menyebabkan terganggunya saluran pencernaan kucing. Muntahan lendir putih pada kucing tersebut sebenarnya merupakan mekanisme alami tubuh kucing agar kondisi akibat banyaknya bulu yang tertelan tidak membahayakan dirinya.

Solusi dari penyebab kucing muntah lendir putih karena hairball adalah dengan lebih rajin membersihkan bulu-bulu rontok yang masih menempel di tubuh kucing. Ini karena kucing memiliki kebiasaan menjilati tubuh mereka. Bulu-bulu rontok yang masih menempel secara otomatis akan ikut tertelan karena bentuk lidah kucing yang cukup tajam dan kasar.

3. Kucing Terkena Cacingan

Penyebab kucing muntah lendir putih yang berikutnya adalah karena kucing mengalami cacingan. Pada kondisi ini, biasanya muntahan kucing juga dipengaruhi oleh beberapa tanda lain seperti diare hingga bau kotoran yang sangat kuat. Dalam kondisi yang ekstrim, menurut pengalaman kami, kucing cacingan akan mengeluarkan cacing yang tercampur dengan feses mereka.

Hal inilah yang membuat kamu harus benar-benar memperhatikan kapan kucing harus diberikan obat cacing. Meskipun bagi sebagian orang obat cacing harganya cukup mahal, namun ini lebih baik daripada kucing mengalami kondisi infeksi cacing yang lebih parah.

4. Kucing Keracunan

Keracunan pada kucing ditandai oleh beberapa gejala, salah satunya adalah kucing muntah lendir putih berbusa. Ini merupakan gejala yang paling ringan mengingat muntah merupakan reaksi alami dari tubuh kucing untuk mengeluarkan racun dalam tubuh mereka. Pada kondisi keracunan parah, kucing akan tiba-tiba lemas dan berakhir pada kematian.

Adapun solusi yang dapat kamu lakukan adalah dengan membawa kucing ke dokter hewan. Ini adalah satu-satunya cara paling aman untuk menyelamatkan hidup kucing kamu.

Itulah beberapa penyebab kucing muntah lendir putih. Menurut pengalaman kami dalam memelihara kucing, biasanya kondisi ini dialami oleh kucing ras seperti kucing persia ataupun himalaya. Sedangkan untuk kucing domestik atau kucing kampung, terkadang mereka memuntahkan lendir berbusa namun tidak terlalu sering.

Kesimpulannya, ketika kucing sudah mulai memuntahkan lendir putih, sebaiknya segera pergi ke dokter hewan untuk pemeriksaan lebih lanjut. Tujuannya agar dapat diketahui apa penyebab pasti mengapa kucing muntah lendir putih. Dengan begitu, dapat diambil langkah tepat untuk mengobatinya. Semoga pembahasan mengenai penyebab kucing muntah lendir putih pada kesempatan kali ini bermanfaat bagi kamu.

https://t.me/s/binatangmucom/64