Penyebab Kucing Tidak Mau Makan dan Tidur Terus

Diposting pada
Binatangmu – Kamu mungkin penasaran apa penyebab kucing tidak mau makan dan tidur terus. Masalah ini memang jarang dialami oleh kucing, namun bukan berarti kucing kamu tidak akan mengalaminya.
Ya, kucing yang tidak mau makan dan tidur terus mungkin akan membuat kamu khawatir. Untuk itu, pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang penyebab kucing tidak mau makan dan tidur terus serta cara mengatasinya.
Penyebab Kucing Tidak Mau Makan dan Tidur Terus
Penyebab Kucing Tidak Mau Makan dan Tidur Terus

4 Penyebab Kucing Tidak Mau Makan dan Tidur Terus

Ada beberapa penyebab yang perlu kamu ketahui, diantaranya adalah:
  • Kucing Sakit

Ini adalah penyebab utama mengapa kucing tidak mau makan dan tidur terus. Penyakit kucing pun bermacam-macam, mulai dari sakit di bagian pencernaan, mulut, hingga tubuhnya.
Ketika kucing merasakan sakit di bagian pencernaan, secara otomatis mereka tidak akan mau makan bahkan sering kentut dan diare. Selain itu, ketika mulut mereka terluka, kucing akan kesakitan saat menelan makanan sehingga secara otomatis mempengaruhi nafsu makan mereka.
  • Kucing Sedang Stress

Penyebab selanjutnya adalah stress. Saat kucing mengalami stress, terdapat beberapa tanda yang biasanya muncul tergantung dari kepribadian kucing tersebut. Ada yang merasa sangat gelisah dan mondar-mandir ke sana kemari. Ada juga kucing yang malah terlihat sangat lesu dan tidak mau makan.
  • Kucing Tidak Suka Makanan yang Disajikan

Penyebab kucing tidak mau makan dan tidur terus yang selanjutnya adalah pakan kucing yang tidak cocok untuk kucing kamu. Hal ini umumnya terjadi ketika kamu baru pertama kali mengganti pakan kucing lama dengan pakan yang baru atau berbeda merk.
  • Kucing Sedang Hamil

Kucing yang masih hamil muda biasanya juga akan mengalami fase dimana mereka kehilangan nafsu makan dan menghabiskan lebih banyak waktu untuk tidur. Ini adalah penyebab yang normal karena tubuh kucing masih beradaptasi dengan kehamilan yang mereka alami.

Cara Mengatasi Kucing Tidak Mau Makan dan Tidur Terus

Lalu bagaimana cara untuk mengatasi kucing tidak mau makan dan tidur terus? Menurut pengalaman kami sebagai cat lover, ada dua saran yang dapat kami berikan.
 
Pertama, berikan makanan yang mereka sukai. Kamu juga dapat memberikan pakan basah yang cenderung memiliki bau yang lebih menyengat sehingga dapat merangsang nafsu makan kucing.
Jika kamu memang mau mengganti merk pakan kucing yang lama dengan yang baru, sebaiknya mix atau campur pakan tersebut. Hal ini bertujuan agar kucing dapat beradaptasi dengan jenis pakan barunya.
 
Kedua, bawa ke dokter hewan. Tujuannya agar kamu dapat mengetahui apa yang sedang dialami oleh kucing. Hal yang ditakutkan adalah kucing sedang sakit sehingga membutuhkan perawatan dan penanganan yang tepat.
Demikian apa yang dapat kami sampaikan mengenai penyebab kucing tidak mau makan dan tidur terus serta solusinya. Semoga apa yang kami jelaskan pada kesempatan kali ini bermanfaat bagi kamu.