Perbedaan Ikan Cupang Jantan dan Betina

Diposting pada

Bagi pemula, membedakan ikan cupang jantan dan betina mungkin akan cukup sulit dilakukan. Hal ini karena keduanya terlihat sama. Namun ternyata ada beberapa cara loh untuk membedakan jenis kelamin ikan cupang. Bagaimana caranya?

Perbedaan Cupang Jantan dan Betina
Perbedaan Cupang Jantan dan Betina

Cara Membedakan Ikan Jantan dan Betina

Mengutip dari situs thesprucepets, terdapat beberapa cara untuk membedakan ikan cupang berjenis kelamin jantan dan betina. Diantaranya adalah : Manfaat Spirulina untuk Ikan Cupang

  1. Warna Ikan Cupang

Pada umumnya, warna ikan cupang jantan cenderung lebih cerah apabila dibandingkan ikan cupang betina. Namun dalam beberapa kasus, terdapat ikan cupang betina yang memiliki banyak warna dibandingkan dengan ikan jantan.

  1. Garis Vertikal pada Tubuh Ikan Cupang

Ini sebenarnya juga dapat dijadikan sebagai cara membedakan ikan jantan dan betina yang siap kawin. Pasalnya pada masa kawin, ikan cupang betina akan memunculkan garis vertikal pada tubuhnya. 7 Fungsi & Manfaat Daun Ketapang untuk Ikan Cupang Sedangkan hal tersebut tidak akan dialami oleh cupang jantan.

  1. Bentuk Tubuh dan Sirip Cupang

Cupang jantan memiliki tubuh yang cenderung lebih memanjang. Berbeda dengan cupang betina yang bertubuh pendek dan lebih lebar.

Selain itu, pada ikan cupang jantan terdapat sirip yang lebih panjang bahkan terkadang memiliki hampir 3 kali panjang sirip cupang betina. Sirip ikan cupang jantan juga lebih tebal.

  1. Bercak

Ikan cupang betina dewasa akan menunjukkan bercak antara sirip perut dan duburnya. Bercak tersebut merupakan ovipositor yang digunakan untuk bertelur. Tenang !!! Ekor Cupang Sobek Bisa Tumbuh Lagi

  1. Bagian Jenggot

Bagian jenggot ikan cupang mempunyai selaput di bawah penutup insang yang disebut dengan membran operkular.

Membran yang satu ini tampak seperti ‘jenggot’ dan biasanya muncul ketika ikan cupang mengibarkan pelat insangnya.

Bagian jenggot ikan cupang mempunyai ukuran yang lebih lebar dan besar dibandingkan dengan cupang betina.

  1. Sifat Agresif Ikan Cupang

Seperti yang kita tahu, ikan cupang termasuk ikan yang sangat agresif terhadap sesamanya ataupun ikan lain di sekitarnya. Ikan Cupang Harus Dijemur secara Rutin Hal ini karena ikan cupang termasuk ikan yang sangat territory atau menjaga wilayahnya. Sifat agresif ikan jantan akan ditunjukkan pada semua jenis ikan.

Sedangkan pada ikan betina, mereka hanya agresif pada sesama ikan betina. Oleh karena itu, sangat tidak disarankan untuk menggabungkan dua ikan cupang dewasa dalam satu wadah, kecuali ketika waktu kawin tiba.

  1. Bubble Nests

Umumnya, hanya ikan cupang jantan saja yang meniup sarang gelembung. Induk Cupang Jantan Memakan Anaknya Bubble Nests merupakan sarang yang terbuat dari gelembung air liru yang dibuat oleh ikan cupang di permukaan air demi melindungi telur selama berkembang biak.

Itulah beberapa cara membedakan ikan jantan dan betina yang dapat kamu coba lakukan.

Cara Mengetahui Umur Ikan Cupang

Setelah kamu tahu perbedaan ikan jantan dan betina, berikut juga akan kami sajikan cara untuk mengetahui umur ikan cupang. Tujuannya agar kamu dapat mengetahui apakah ikan cupang yang kamu pelihara masih rejama atau dewasa.

  1. Lihat Ukurannya

Ikan cupang yang masih remaja umumnya berukuran kurang dari 8 cm. Sedangkan ikan cupang dewasa memiliki ukuran minimal 8 cm bahkan terkadang lebih dari itu. Ukuran ini dimulai dari kepala sampai panjang ekornya.

  1. Periksa

    Siripnya

Kita tahu, sirip ikan cupang yang telah dewasa akan berkibar indah. Berbeda dengan sirip ikan cupang remaja yang masih kecil. Cupang Besgel Bisa Mutasi ? Selain itu, pada ikan cupang dewasa, akan terdapat semacam sayatan atau robekan kecil di bagian siripnya.

  1. Warna Tubuh Ikan Cupang

Ikan cupang yang masih muda biasanya mempunyai warna yang lebih terang dan mencolok. Seiring bertambahnya umur ikan cupang, warna tersebut akan mulai memudar bahkan terlihat sedikit pucat.

Uniknya, ikan cupang peliharaan cenderung mempunyai beragam jenis warna. Sedangkan ikan cupang liar hanya akan menampilkan warna tubuh mereka saat akan bertarung.

Demikian sedikit informasi mengenai Cara Membedakan Ikan Jantan dan Betina serta mengetahui umur ikan cupang. Semoga bermanfaat sobat binatangmu.com