6 Sayuran yang Tidak Boleh untuk Anjing

Posted on

Binatangmu – Tahukah kamu, ada loh beberapa jenis sayuran yang tidak boleh untuk anjing. Ini karena biasanya ada juga jenis pemilik yang melatih anjing mereka untuk mengonsumsi sayuran dengan tujuan agar tubuh anjing lebih sehat. Pertanyaannya, apa saja jenis sayuran yang tidak boleh untuk anjing? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, simak penjelasan berikut.

6 Sayuran yang Tidak Boleh untuk Anjing

Sayuran yang Tidak Boleh untuk Anjing

Ketika kita memelihara hewan peliharaan, tentu saya harus mengetahui apa saja yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi oleh peliharaan kita. Tujuannya sangat simple, yakni demi menjaga kesehatan tubuh hewan tersebut. Mengonsumsi bahan makanan yang malah berbahaya untuk hewan peliharaan dapat mengakibatkan dampak negatif, misalnya keracunan.

Berbicara mengenai jenis sayuran yang tidak boleh untuk anjing, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Kentang Hijau (Kentang yang Masih Muda)

Sekedar informasi, kentang merupakan jenis umbi-umbian yang memiliki kandungan karbohidrat tinggi sehingga menjadi pilihan untuk menjadikan peliharaan gemuk. Namun perlu diketahui, tidak semua jenis kentang menjadi bahan konsumsi aman untuk anjing. Salah satunya adalah kentang hijau.

Kentang hijau sendiri merupakan jenis kentang pada umumnya, hanya saja usia kentang yang masih terlalu muda sehingga memiliki bercak kehijauan. Bahkan terkadang kulit kentang masih berwarna hijau sehingga dapat dikatakan belum benar-benar masak/matang.

Warna hijau pada kentang merupakan zat klorofil yang masih terdapat pada kulit kentang. Mengutip dari situs food detik, kentang hijau bahkan berbahaya untuk manusia apabila dikonsumsi dalam jumlah besar. Apalagi untuk hewan peliharaan seperti anjing.

Untuk itulah, sebaiknya jangan memberikan kentang hijau pada anjing sebagai bahan makanan mereka. Lebih baik mencegah daripada mengobati, kan?

Adapun efek memberikan jenis sayuran yang tidak boleh untuk anjing berupa kentang adalah permasalahan pencernaan. Dalam kondisi serius, anjing yang keracunan kentang hijau dapat mengalami gejala berupa kejang-kejang, muntah, diare, hingga kelainan jantung.

2. Bawang

Bawang merah dan bawang putih juga termasuk dalam jenis sayuran yang tidak boleh untuk anjing karena dapat memicu keracunan. Efek keracunan pada anjing akan terjadi apabila anjing mengonsumsi bawang dalam jumlah besar. Dampak dari memberikan bawang sebagai makanan anjing adalah terjadi peningkatan kinerja jantung. Pada kondisi yang parah, anjing akan kesulitan dalam bernapas.

Namun perlu diketahui, pada takaran atau dosis yang tepat, memberikan bawang putih pada anjing dapat memberikan dampak positif. Contohnya adalah mengusir kutu karena aroma bawang putih yang cukup kuat.

3. Rhubarb

Daftar sayuran yang tidak boleh untuk anjing berikutnya adalah rhubarb. Nama ini memang mungkin kurang begitu familiar bagi kamu. Rhubarb merupakan jenis sayuran bertangkai merah yang dapat ditemukan di wilayah Asia bagian Timur Laut. Bagi manusia, sayuran ini bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Namun bagaimana untuk anjing?

Bagi anjing, rhubarb memberikan efek negatif berupa penyerapan kadar kalsium dalam tubuh anjing yang nantinya akan dikeluarkan dalam bentuk feses. Dengan kata lain, anjing yang secara sengaja atau tidak mengonsumsi rhubarb akan mengalami kelainan di bagian ginjalnya.

4. Jamur

Seperti yang kita tahu, ada banyak sekali jenis jamur, mulai dari jamur yang berukuran kecil hingga besar, jamur yang beracun dan tidak. Sebenarnya dalam dosis normal, jamur dapat diberikan pada anjing sebagai variasi makanan mereka agar tidak bosan. Hanya saja, terlalu banyak memberikan jamur pada anjing dapat memicu keracunan.

Gejala yang muncul akibat konsumsi jamur bagi anjing adalah tremor, kejang-kejang, kesulitan bernapas, hingga kegagalan fungsi organ. Untuk itulah, bagi kamu yang belum mengetahui takaran tepat jamur sebagai varian makanan anjing sebaiknya jangan berikan jenis jamur apapun. Hal ini agar nantinya tidak terjadi efek-efek keracunan bagi peliharaan kamu.

5. Bayam

Bayam juga menjadi salah satu jenis sayuran yang tidak boleh dikonsumsi anjing. Mengapa? Ini karena bayam memiliki kandungan zat besi serta asam oksalat tinggi di dalamnya. Apabila dikonsumsi oleh anjing, efeknya adalah menghambat kemampuan tubuh anjing dalam menyerap kalsium. Pada kondisi tertentu, konsumsi bayam dapat memicu kerusakan ginjal sehingga anjing dapat mengalami keracunan.

Sebenarnya efek dari bayam sebagai jenis sayuran yang tidak boleh untuk anjing akan bereaksi dalam dosis yang cukup besar. Ketika anjing diberikan bayam pada takaran tertentu dan tidak terlalu sering, tubuh mereka dapat tercukupi kebutuhan zat besinya. Namun kami sangat tidak merekomendasikan bayam untuk anjing, terlebih anjing usia muda ataupun puppy.

6. Tomat

Jenis sayuran yang tidak boleh untuk anjing berikutnya adalah tomat. Mengapa? Hal ini karena bagian hijau pada tomat memiliki kandungan yang berbahaya dan dapat memicu keracunan pada anjing. Seperti halnya kentang hijau, bagian hijau tomat mengandung klorofil dan juga solanin. Dalam dosis tertentu, zat ini dapat memicu terjadinya gagal ginjal pada anjing.

Itulah beberapa sayuran yang tidak boleh untuk anjing. Semoga apa yang kami jelaskan pada kesempatan kali ini bermanfaat bagi kamu.

https://t.me/s/binatangmucom/48