Penyebab dan Cara Mengobatinya Sisik Arwana Menghitam

Diposting pada

Penyebab Sisik Arwana Menghitam

Seperti yang kita tahu, arwana merupakan jenis ikan peliharaan yang banyak diminati oleh pecinta ikan. Selain bentuknya yang elegan, bagi sebagian orang, memelihara ikan arwana dipercaya dapat memberikan berkah tersendiri.

Kembali pada pembahasan utama, apa yang menyebabkan sisik arwana hitam? Dalam hal ini, faktor luar lah yang berpengaruh sehingga mengubah warna sisik arwana. Adapun yang kami maksud adalah adanya parasit yang perlahan akan menjadikan sisik arwana berubah warna.

Baca Juga : Ekor Arwana Keriting ? 

Meskipun terlihat sepele, namun parasit yang menyerang bagian luar tubuh arwana akan menyebabkan berbagai permasalahan seperti jamur hingga sisik lecet dan lepas Ketika sisik ikan arwana mulai menghitam, Anda harus mengambil langkah cepat.

Ini karena dalam beberapa kasus, sisik arwana hitam jika dibiarkan terlalu lama akan membusuk kemudian terlepas dari kulit. Anda tentu tak ingin hal tersebut terjadi, kan?

Perawatan dan Pengobatan Sisik Arwana Hitam

Nah, ketika sisik arwana peliharaan menghitam, cara mengobatinya sangat mudah. Pertama adalah berikan ammonium sulfate yang dapat diperoleh dari toko-toko ikan.

Adapun takarannya adalah sebanyak 200 mg/kg dari berat ikan arwana Anda. Kedua, selalu pastikan bahwa kondisi air aquarium bersih dengan cara menggantinya secara rutin. Hal ini tentu untuk menyembuhkan ikan arwana dari serangan parasite dan organisme lain

Untuk melakukan pencegahan terhadap serangan parasite yang menyebabkan sisik arwana menghitam adalah memastikan kebersihan air aquarium.

Sebenarnya tak hanya arwana, ketika memelihara ikan jenis lain pun juga Anda harus memperhatikan kebersihan air. Bila perlu, gunakan obat tetes untuk menjaga pH air sehingga organisme lain tidak dapat bertahan hidup di air lagi.

Baca Juga : Ikan Hias Termahal Di Indonesia

Penyakit Pada Sisik Ikan Arwana

Selain sisik arwana menghitam, masih terdapat beberapa masalah lain yang terkait dengan sisik arwana. Berikut adalah jenis penyakitnya serta bagaimana cara mengobatinya:

Penyakit Pada Sisik Ikan Arwana
Penyakit Pada Sisik Ikan Arwana
  1. Kembang Sisik Pada Ikan Arwana

Ini adalah jenis penyakit yang cukup serius pada ikan arwana. Kembang sisik merupakan kondisi dimana sisik ikan arwana seperti berdiri disertai dengan perut arwana kembung.

Berbeda dengan masalah sisik arwana hitam, kembang sisik pada arwana dapat dikategorikan sebagai penyakit dalam.

Perawatan dan pengobatan kembang sisik arwana pun sangat sulit jadi harus dibawa ke ahlinya. Dalam banyak kasus, kembang sisik pada ikan arwana akan menyebabkan ikan mati.

Baca Juga : Tips dan Cara Memilih Ikan Arwana

  1. Sisik Arwana Berjamur

Ini juga merupakan jenis penyakit yang paling sering menyerang ikan arwana. Umumnya, sisik arwana berjamur dimulai dengan gejala berupa bitnik-bintik putih di bagian punggung ikan arwana. Penyebabnya adalah air aquarium yang kotor sehingga memungkinkan organisme lain tumbuh subur di tubuh arwana.

Untuk mencegahnya, Anda dapat mengecek aerator aquarium secara berkala. Selain itu, pastikan juga tempat pembuangan kotoran, kapas filter, serta aneka hiasan dalam aquarium juga bersih, termasuk kaca aquarium.

Baca Juga : Arwana Drop Eye? Ini Penyebab dan Pencegahannya

Dengan begitu, maka resiko sisik arwana terserang jamur akan semakin sedikit. Sedangkan untuk mengobati ikan arwana berjamur, cek suhu aquarium secara berkala. Pastikan suhunya berada di sekitar 30 derajat celcius. Berikan pula garam ikan pada aquarium.

  1. Sisik Arwana Lecet

Penyakit lain yang menyerang arwana adalah sisiknya yang lecet-lecet. Berbeda dengan sisik arwana menghitam, gejala sisik arwana lecet ditandai dengan muncul bintik-bintik merah seperti lecet.

Perlahan, bintik merah tersebut akan menyebar ke bagian tubuh lain yang menyebabkan sisik arwana lepas. Pada kondisi ini, ikan arwana akan mulai gelisah dan stress.

Baca Juga : Arwana Sering Mangap ??? Kenali Penyebabnya

Untuk mengobatinya, Anda harus melakukan karantina pada ikan arwana kesayangan Anda. pindahkan ke aquarium atau tempat lain dengan air yang telah steril. Untuk mensterilkan air, gunakan garam ikan serta berikan obat anti bakteri khusus ikan.

Pada langkah ini, bersihkan aquarium utama hingga benar-benar bersih. Berikan pula garam air serta obat anti bakteri di dalamnya. Diamkan selama satu hari sebelum memindahkan ikan arwana ke aquarium utama.

Itu di ulasan mengenai Sisik Arwana Menghitam Serta Berbagai Penyakit. Semoga apa yang kami ulas pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat bagi sobat binatangmu.com