Apakah Kucing Hamil Boleh Dimandikan ?

Diposting pada

Apakah kucing hamil boleh dimandikan? Sebuah pertanyaan yang mungkin buat kamu penasaran, terutama yang sedang merawat kucing ras. Hal ini juga saya alami ketika pernah memiliki kucing persia hamil.

Ada yang mengatakan bahwa tidak boleh memandikan kucing hamil agar tidak keguguran. Efeknya, terkadang bulu kucing akan tampak lebih kusam karena selama masa kehamilannya ia tidak boleh dimandikan.

Boleh Memandikan Kucing Hamil
Boleh Memandikan Kucing Hamil

Lalu benarkah kita tidak boleh memandikan kucing hamil? Jika tidak boleh, apakah juga berlaku untuk kucing lokal atau kucing rumahan? Cara Merawat Kucing Anggora agar Bulunya Tidak Rontok Kami akan menjelaskannya pada kesempatan berikut.

Apakah Boleh Memandikan Kucing Hamil? Apa Syaratnya?

Sebelum memutuskan untuk memandikan kucing hamil, perlu diketahui bahwa kucing yang hamil memiliki tingkat stress yang lebih tinggi dibandingkan biasanya. Selain itu, mereka juga akan sangat sensitif, terlebih ketika perutnya kita pegang.

Sebenarnya memandikan kucing hamil itu BOLEH SAJA namun dengan syarat tertentu. Apabila syarat tersebut dipenuhi, maka tidak masalah kiranya untuk memandikan kucing kamu yang sedang hamil. Cara Mengawinkan Kucing Anggora Betina yang Galak Syaratnya adalah:

  1. Kucing Tidak Sedang Stress

Bagi kamu yang sudah akrab dengan kucingmu, tentu sudah dapat membedakan apakah ia sedang merasa stress atau tidak.

Biasanya kucing yang stress akan memberikan respon seperti lebih agresif, sering mondar-mandir, hingga bersembunyi di satu tempat. Jadi, pastikan kucing kamu tidak sedang dalam kondisi stress demi menghindari efek buruk untuk induk dan anak yang dikandungnya.

Biasanya, kucing yang sudah rutin dimandikan cenderung tidak akan mengalami stress saat ia mandi, meskipun sedang hamil. Namun bila kucing Anda termasuk jarang dimandikan, maka sebaiknya jangan dimandikan terlebih dahulu sampai anak-anaknya lahir.

  1. Gunakan Air Hangat

Nah, jika kucing hamil memang mau dimandikan, maka gunakan air hangat. Hal ini ini karena pada dasarnya kucing lebih suka kondisi yang hangat sehingga membuat dirinya nyaman.

Namun apabila ternyata pada proses mandi kucing hamil berontak, maka sebaiknya segera hentikan. Menggunakan air dingin untuk memandikan kucing akan memicu kondisi mengigil bahkan kontraksi pada induk.

  1. Keringkan dengan Cepat dan Hangatkan Tubuhnya

Apabila kucing hamil sudah dimandikan, maka segera keringkan badannya. Selain itu, pastikan kandang atau tempat tidurnya hangat agar ia nyaman saat beristirahat.

  1. Usia Kehamilan Kucing di Bawah 1 Bulan

Buah kamu yang baru memiliki kucing hamil, sebaiknya pastikan bahwa masa kehamilan kucing masih di bawah 1 bulan. Hal ini dapat dihitung dari kapan terakhir kucing kamu dikawinkan. Tujuannya adalah menekan risiko terjadinya keguguran pada kucing.

Itu dia beberapa syarat yang harus kamu ketahui untuk memandikan kucing hamil. Semakin kenal kamu dengan kucingmu, maka akan semakin mudah mereka merasa nyaman ketika berada di sampingmu.

Selain itu, sebenarnya tidak terlalu perlu untuk memandikan kucing hamil dengan air. Kamu dapat menggantikannya dengan tissue basah untuk mengelap bulu kucing agar tidak terlalu kusam.

Namun pastikan setelah itu, keringkan tubuh kucing karena ditakutkan kandungan alkohol atau zat lain dari tissue basah ikut terjilat ketika kucing membersihkan tubuhnya.

Beberapa Pertanyaan Terkait Kucing Hamil

Setelah mendapatkan jawaban tentang apakah kucing hamil boleh dimandikan, saya juga akan mencoba mengurai pertanyaan-pertanyaan lain terkait kucing hamil, seperti:

  • Q : Apakah Kucing Hamil Boleh Digendong ?

A : Sebenarnya boleh saja. Kucing Persia Sulit Melakukan Perkawinan ? Tapi ketika menggendong kucing yang sedang hamil, pastikan bagian perutnya tidak tertekan oleh tangan demi mengurangi risiko yang mungkin berbahaya untuk kucing.

  • Q : Apakah Kucing Hamil Tidak Nafsu Makan ?

A : Menurut pengalaman saya, kucing hamil memang terkadang akan kehilangan nafsu makan. Namun dari beberapa kucing persia yang pernah saya rawat, ada yang malah lebih nafsu makan terutama ketika makan makanan basah.

  • Q : Makanan apa yang Baik Untuk Kucing Hamil ?

A : Biasanya saya menggunakan pakan yang memang khusus untuk kucing hamil dengan kandungan protein, gizi, dan zat lain yang tinggi.

Jika kamu masih baru dalam memelihara kucing hamil, bisa juga bertanya ke pet shop terdekat untuk mendapatkan rekomendasi makanan kucing hamil.

  • Q : Kucing Hamil Berapa Bulan ?

A : Masa kehamilan kucing biasanya sekitar 3 bulan atau 3 bulan lebih 1 minggu. Apakah Kucing Dewasa Boleh Makan Makanan Kitten? Jika ternyata melebihi waktu tersebut, maka bawalah kucing ke dokter hewan.

Saya sendiri pernah mengalami kejadian ini, dimana ternyata induk kucing hamil lebih dari 70 hari sehingga dibutuhkan bantuan dokter hewan demi keselamatan anak-anak dan induk kucing.

  • Q : Apakah Kucing Hamil Bulunya Rontok ?

A : Biasanya iya. Kucing yang hamil akan mengalami kerontokan bulu yang lebih banyak dari biasanya. Cara Membedakan Kucing Anggora Jantan dan Betina Ini merupakan masalah biasa, jadi kamu tidak perlu terlalu khawatir.

  • Q : Apakah Kucing Hamil Boleh Minum Obat Cacing ?

A : Saya sendiri tidak pernah memberikan obat cacing ketika kucing sedang hamil. Cara Mengatasi Kucing yang Tidak Mau Makan? Namun pada beberapa kasus, terkadang kucing terserang cacingan saat hamil. Jika demikian, sebaiknya bawa kucing ke dokter hewan terdekat.

  • Q : Bolehkah Kucing Hamil diberi Obat Kutu ?

A : Sebaiknya jangan diberi obat kutu terlebih dahulu. Alasannya simple, pemberian obat kutu (baik yang berbentuk powder/bubuk atau cair) memiliki risiko untuk dijilat oleh induk kucing ketika ia sedang membersihkan bulu-bulunya.

Takutnya zat yang terdapat pada obat tersebut ikut tertelan dan membahayakan bayi kucing. Kamu dapat mulai melakukan perawatan lagi saat kucing sudah melahirkan.

Demikian sedikit ulasan yang dapat kami sampaikan terkait Syarat Memandikan Kucing yang Lagi Hamil. Semoga pembahasan kali ini dapat bermanfaat bagi sobat binatangmu.com