Tanda Penurunan Penglihatan pada Anjing

Posted on

Binatangmu.com – Menjaga kesehatan anjing tentunya sangat penting bagi pemilik anjing. Namun, bertambahnya usia yang terkadang terjadi membuat sulit untuk menghindari masalah kesehatan pada anjing, termasuk penurunan penglihatan.

Selain usia, ada juga beberapa penyebab yang dapat meningkatkan risiko alami penurunan penglihatan, dan juga dapat berujung pada kebutaan. Anjing Boleh Makan Tempe ?

Hal tersebut bukan hanya mempengaruhi kesehatan pada anjing, penglihatan yang buruk juga dapat mempengaruhi kualitas hidup anjing.

Karena itu, tidak ada salahnya untuk mengenali beberapa tanda yang menunjukkan bahwa anjing kesayangan Anda mengalami penurunan penglihatan, sehingga Anda dapat merawatnya dengan benar!

Inilah Tanda Penurunan Penglihatan pada Anjing

Sama seperti penglihatan mata pada manusia, anjing juga dapat mengalami penurunan kualitas penglihatan karena faktor usia.

Tanda Penurunan Penglihatan pada Anjing
Tanda Penurunan Penglihatan pada Anjing

Akan tetapi tidak seperti manusia, anjing dengan penglihatan yang buruk masih dapat mengandalkan indera penciuman dan pendengarannya untuk melakukan aktivitas, meskipun tidak sebaik ketika penglihatannya dalam kondisi optimal. Apa Manfaat Kepala Ayam untuk Anjing ?

Mengenali beberapa tanda ketika anjing Anda mengalami penurunan penglihatan adalah ide yang bagus. Ini adalah bagaimana Anda dapat merawat anjing Anda dengan benar.

  1. Perubahan Perilaku

Pada saat anjing mengalami penurunan penglihatan, anjing terkadang akan mengalami perubahan perilaku. Menurut American Kennel Club, anjing dapat terlihat lebih ganas atau menyerang untuk melindungi diri mereka sendiri. Penglihatan yang menurun membuat anjing lebih bergantung pada pemiliknya.

Anjing terlihat lebih nyaman saat berada di sekitar pemiliknya dan selalu ingin pemiliknya bersama mereka.  Ia akan mengikuti kemanapun pemiliknya bergerak di dalam rumah. Makanan Kucing yang Sedang Sakit agar Cepat Sembuh Bahkan, anjing akan terlihat bingung dan ketakutan saat pemiliknya pergi.

Selain itu, anjing Anda akan lebih sering menabrak tembok atau kesulitan mencari tempat makan atau minum.

Anjing dengan gangguan penglihatan akan menghabiskan lebih banyak waktu untuk tidur. Mereka enggan untuk diajak keluar rumah, atau bermain. Anjing juga menghabiskan waktu dalam keheningan.

  1. Kondisi Mata Anjing

Selain memperhatikan perubahan perilaku yang terjadi pada anjing, kalian juga dapat memperhatikan keadaan pada mata anjing. Anjing tunanetra melihat perubahan pada matanya seperti: B. perubahan warna pupil, penampilan keruh, pupil tidak simetris dan mata kemerahan.

Hubungi dokter hewan segera jika anjing terlihat tidak nyaman di matanya dan menunjukkan tanda-tanda penurunan penglihatan. Deteksi dini tentu dapat membantu Anda memberikan perawatan yang tepat untuk anjing Anda.

Penyebab Penurunan Penglihatan pada Anjing

Beberapa ras anjing seperti Dalmatians, German Shepherds, Chow Chows, Basset Hounds, Chihuahuas, Siberian Huskies, Poodles, Collies, dan anjing dengan hidung pendek atau datar sebenarnya lebih rentan terhadap kehilangan penglihatan. Apakah Arwana Bisa Hidup Tanpa Aerator ?

Penyebab Penurunan Penglihatan pada Anjing
Penyebab Penurunan Penglihatan pada Anjing

Kondisi ini sering terjadi karena adanya gangguan pada saat berkembang biak. Selain itu, anjing cenderung mengalami penurunan penglihatan karena usia. Makanan Kucing Kampung agar Cepat Gemuk dan Sehat Semakin tua anjing, semakin besar risiko penurunan kualitas visual.

Cedera atau trauma pada mata juga dapat menyebabkan anjing mengalami penurunan kualitas penglihatan mereka. Karena itu, sangat penting untuk berhati-hati dengan aktivitas anjing untuk menghindari cedera atau trauma.

Selain itu, terdapat pula berbagai penyakit yang menyebabkan risiko penurunan penglihatan pada anjing, seperti diabetes, glaukoma dan katarak serta sindrom degenerasi retina mendadak.

Walaupun anjing mengalami penurunan penglihatan, bukan berarti mereka tidak dapat diajak bermain seperti biasanya lagi.

Anjing tetap membutuhkan perhatian dan kasih sayang dari pemiliknya. Jadi jangan lupa untuk mengajak anjing Anda bermain dengan hati-hati. Pastikan lingkungan bermain anjing adalah lingkungan yang sudah terjamin keamanannya.

Demikian pembahasan dari kami tentang Penyebab Penurunan Penglihatan pada Anjing semoga bermanfaat jangan lupa di share sobat binatangmu.com