Tips Memelihara Kucing untuk Pemula

Diposting pada

Kucing adalah Hewan yang Suka Main

Kucing adalah salah satu hewan peliharaan yang banyak dipilih orang sebagai teman. Apabila Kalian baru memiliki kucing rumahan, Kalian mungkin bertanya-tanya bagaimana cara merawat dan merawatnya.

Kucing adalah hewan yang suka main-main, penyayang dan seringkali sangat menghibur. Pastikan Kalian merawat kucing dengan benar.

Cara Memelihara Kucing Untuk Pemula
Cara Memelihara Kucing Untuk Pemula

Apabila kalian memutuskan untuk memelihara kucing, maka beberapa bulan pertama adalah waktu yang kritis untuk membentuk kesejahteraan emosional dan fisiknya.

Setelah sudah terbiasa dengan rutinitas dasar seperti memberi makan, kotak pasir, perawatan, kesehatan dan keselamatan umum, yang harus Kalian lakukan adalah mencintainya.

Baca Juga : Cara Memelihara Kucing Anggora

Tips Memelihara Kucing untuk Pemula

Tertarik dengan kucing? Berikut tips memelihara kucing untuk pemula:

Tips dan Cara Memelihara Kucing untuk Pemula
Tips dan Cara Memelihara Kucing untuk Pemula

Baca Juga : Bolehkah Kita Memandikan Kucing dengan Sunlight ?

  1. Potong Kuku Kucing

Kalian akan membutuhkan gunting kecil untuk memotong kuku kucing. Pemotongan sangat penting dilakukan agar tidak terlalu panjang, tajam, patah atau retak.

Pastikan gunting yang Kalian gunakan tajam. Apabila tumpul, akan menyakitkan bagi kucing.

  1. Sikat Bulu Kucing Secara Teratur

Menyikat bulu kucing secara teratur bisa menghilangkan bulu dan kotoran yang mati, serta membantu menjaga kesehatan kulit kucing.

  1. Mandikan Kucing

Kebanyakan kucing melakukan pekerjaan kebersihan pribadi mereka sendiri. Terkecuali mereka kotor karena berada di luar ruangan atau tidak membersihkan diri dengan benar.

Baca Juga : Masalah Kesehatan Dialami Kucing

Berikut beberapa tips untuk memandikan kucing:

  • Gunakan sampo yang dirancang khusus untuk kucing dan hindari sabun atau air di dekat mata atau telinga.
  • Hindarilah sampo obat kutu, kecuali direkomendasikan oleh dokter hewan. karena banyak kucing bereaksi buruk terhadap sampo obat kutu tertentu.
  • Keringkan dengan baik menggunakan handuk setelah mandi.
  • Setelah bulu benar-benar kering, sikat bulu pada kucing
  1. Berikan Perhatian yang Cukup

Kucing secara alami mandiri, tetapi kucing tidak dapat mengurus dirinya sendiri. Sebelum Kalian memutuskan untuk memiliki kucing, pastikan Kalian bisa memberinya waktu.

Seberapa sibuk Kalian dan berapa banyak waktu yang Kalian habiskan di rumah akan bergantung pada jenis kucing yang harus Kalian pelihara.

Orang yang sibuk mungkin kesulitan meluangkan waktu untuk kucing yang membutuhkan perawatan dan perhatian. Singkatnya, peliharalah kucing yang perawatannya sesuai dengan waktu luang Kalian.

  1. Cari Tahu Apakah Kalian Memiliki Alergi Kucing

Apabila Kalian mengalami reaksi alergi yang parah, pertimbangkan kembali sebelum membawa pulang kucing Kalian. Seperti dilaporkan oleh Pet MD, beberapa penderita alergi dapat beradaptasi dengan hewan peliharaan mereka sendiri, namun tidak terhadap kucing lain.

Pilihan yang aman adalah Kalian dapat memilih kucing yang rendah alergen. Konsultasikan dengan dokter hewan, baca buku atau tanyakan pada yang sudah paham.

Baca Juga : Solusi Kucing Hamil Tidak Mau Makan

  1. Cek dan Imunisasi Kucing Sebelum Dibawa Pulang

Sebelum Kalian membawa pulang kucing untuk dibelai, periksakan dia dan diimunisasi.

  1. Sediakan tempat Kotoran Kucing

Sebelum memelihara kucing, pastikan Kalian menyediakan kotak pasir yang berkualitas baik. Kotak pasir yang tertutup lebih disukai kucing, gumpalan kotoran juga lebih mudah dirawat disini. Kebersihan kotak pasir juga harus dijaga untuk kepentingan kucing dan hidung kalian.

  1. Berikan Makanan Kucing yang Seimbang

Pastikan kucing Kalian memiliki diet seimbang dan sesuai usia. Tanyakan kepada dokter hewan Kalian atau saat membeli dari toko kelontong. Selain itu makanan kucing juga haruslah sehat dan bergizi.

Baca Juga : Apakah Kucing Boleh Makan Keju?

  1. Beri Kucingmu Mainan

Kucing adalah hewan yang suka bermain. Contoh mainan tikus fake , senar, bulu dan bahkan kotak kosong bisa menjadi hiburan yang bagus untuknya. Mainan kucing tidak harus mahal, Kalian bahkan bisa membuatnya sendiri.

  1. Beli Tiang Garukan

Apabila kalian tidak ingin sofa rusak oleh cakar kucing, maka sedikan tiang garukan.

  1. Jadikan Rumah Kalian Aman

Lihat lagi di sekitar rumah Kalian untuk melihat apakah ada sesuatu yang berbahaya bagi kucing. Kucing sangat ingin tahu dan suka menjelajah, memanjat dan memasukkan benda kecil ke dalam mulutnya untuk dibawa.

  1. Miliki Tas Pembawa Kucing

Tas pembawa kucing sangat penting saat bepergian. Misalnya, kunjungan ke dokter hewan, perjalanan atau apabila Kalian harus meninggalkan rumah dengan kucing.

Tas-tas ini tersedia dalam berbagai ukuran. Cari yang memiliki cukup ruang agar kucing Kalian merasa nyaman.

Demikian penjelasan dari kami tentang Tips Memelihara Kucing Bagi Pemula, Semoga bermanfaat jangan lupa di share sobat binatangmu.com