Umur Kucing Bisa Hamil yang Aman

Diposting pada
Umur Kucing Bisa Hamil – Bagi kamu yang memelihara kucing, mungkin bertanya-tanya pada umur berapakah kucing bisa hamil? Hal ini karena tak semua pemilik kucing mengetahui mulai umur berapa kucing mereka bisa dikawinkan. Terlebih bagi kamu yang baru memilihara kucing, baik kucing ras ataupun kucing domestik.
Untuk itu, pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang umur kucing bisa hamil dan berapa batas umur kucing bisa hamil. Selamat membaca.
Umur Kucing Bisa Hamil yang Aman

Umur Kucing Bisa Hamil

Sebenarnya ketika memasuki usia 5-6 bulan, kucing betina akan mengalami masa birahi pertamanya. Hal ini berbeda-beda tergantung dari banyak faktor. Namun perlu diketahui, ketika kucing betina mengalami birahi, bukan berarti mereka siap kawin.
Birahi pada kucing betina memang menandakan bahwa mereka bisa dikawinkan, bahkan hamil. Tapi menurut kami, usia tersebut terlalu muda untuk mengawinkan kucing karena dikhawatirkan indukan kucing belum dapat mengurus anak-anaknya karena belum dewasa.
Ada batasan ideal untuk mengawinkan kucing betina. Sebagai saran, sebaiknya baru kawinkan kucing betina minimal ketika usia mereka sudah 10 bulan. Pada usia tersebut, kucing betina sudah cukup siap untuk mengurus anak mereka.
Jadi untuk jawaban berapa umur kucing bisa hamil adalah 6 bulan. Namun sangat tidak kami sarankan untuk mengawinkan kucing pada usia tersebut. Kawinkan kucing ketika mereka memasuki usia 10 bulan hingga 12 bulan.

Berapa Batas Umur Kucing Bisa Hamil?

Usia produktif kucing betina berkisar dari umur 1 tahun – 5 tahun. Di luar usia tersebut, menurut kami cukup rawan untuk mengawinkan kucing. Saat usia kucing di bawah 1 tahun, maka ada risiko premature.
Sedangkan ketika usia kucing di atas 5 tahun, kondisi kesehatan kucing sudah tidak begitu prima sehingga sebaiknya jangan dikawinkan.
Demikian sedikit ulasan Mengenai Umur Kucing Bisa Hamil. Semoga apa yang kami jelaskan pada kesempatan kali ini bermanfaat bagi kamu, sobat binatangmu.com