Umur Kucing Paling Lama, Berapa Tahun ya?

Diposting pada

Binatangmu – Pernahkah kamu tiba-tiba bertanya, berapa ya umur kucing paling lama atau paling tua? Hal ini karena ketika kamu memelihara kucing yang sudah tua, pasti ingin mengira-ngira berapa lama mereka bisa menemani kamu hingga akhirnya meninggal.

Untuk itulah, pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang berapa umur kucing paling lama, rata-rata umur kucing, hingga perbandingan umur kucing dengan manusia.

Umur Kucing Paling Lama, Berapa Tahun ya?

Rata-Rata Umur Kucing

Mengenai rata-rata umur kucing, sebenarnya semua itu tergantung dari seberapa sehat makanan yang mereka konsumsi. Kucing yang dipelihara dengan baik cenderung memiliki umur yang relatif panjang apabila dibandingkan dengan kucing liar. Kondisi tersebut juga tergantung dari jenis penyakit yang menyerang dan menginfeksi tubuh kucing. Dengan kata lain, ada banyak faktor yang membuat kucing dapat berumur panjang ataupun pendek.

Adapun rata-rata umur kucing adalah antara 12 – 15 tahun. Ini adalah patokan usia kucing paling lama pada umumnya. Untuk kucing liar yang biasanya hidup di alam bebas, mereka dapat mencapai usia paling tua 13 – 17 tahun namun ini sangat jarang terjadi. Sedangkan untuk kucing rumahan yang dipelihara dengan baik, dapat hidup hingga usia 21 tahun atau lebih.

Ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi tingkat kematian kucing. Diantaranya adalah penyakit hingga bahaya eksternal seperti kecelakaan, serangan hewan lain, keracunan, dan sebagainya.

Perbandingan Usia Kucing dan Manusia

Kamu terkadang pasti penasaran, 1 tahun umur kucing berapa tahun umur manusia? Benar kan? Ini karena kucing sudah terlihat mulai dewasa ketika memasuki usia tersebut. Menurut dari situs Vetwest, 1 tahun umur kucing sama dengan 15 – 18 tahun usia manusia. Sedangkan kucing yang berusia 2 tahun, usianya sama dengan manusia yang berusia sekitar 22 – 24 tahun. Hal tersebut kembali lagi pada kesehatan kucing.

Untuk memahami perbandingan usia kucing dan manusia, kamu dapat melihat tabel berikut:

Umur Kucing Paling Lama, Berapa Tahun ya?

Dari tabel di atas, kamu dapat memahami perbandingan antara umur kucing dan manusia.

Berapa Umur Kucing Paling Lama?

Nah, sampailah pada pembahasan utama mengenai berapa umur kucing paling lama. Adapun umur kucing paling lama dipegang oleh kucing tertua bernama Creme Puff yang meninggal di usia 38 tahun 3 hari (3 Agustus 1967 – 6 Agustus 2005). Ini usia kucing tertua yang pernah hidup sampai sekarang. Pada usia 38 tahun, Creme Puff setara dengan manusia berusia 168 tahun. Creme Puff tercatat sebagai kucing tertua di dunia menurut Guinnes World Records tahun 2010.

Rekor umur kucing paling lama yang berikutnya dipegang oleh kucing bernama Poppy. Poppy meninggal di usia 24 tahun (Februari 1990 – 6 Juni 2014) dan dinobatkan sebagai kucing tertua oleh Guinnes World Records tahun 2014. Usia ini setara dengan manusia yang berusia 112 tahun.

Itu dia penjelasan mengenai umur kucing paling lama, perbandingan usia kucing dan manusia, serta rata-rata umur kucing. Semoga apa yang kami jelaskan pada kesempatan kali ini bermanfaat buat kamu, ya!

https://t.me/s/binatangmucom/35